SERTIFIKASI GURU 2011


         Pelaksanaan Sertifikasi Guru sebagaimana amanat  UU no 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, kini telah memasuki tahun ke lima sejak dilaksanakan pada tahun 2007. Evaluasi dan perbaikan terus dilakukan agar pelaksanaannya dapat dipertanggungjawabkan dan berdampak pada peningkatan layanan mutu pandidikan.

         Sertifikasi Guru bagi guru dalam jabatan tahun 2011 mengalami perubahan yang culup mendasar antara lain menyangkut mekanisme registrasi dan mekanisme penyelenggaraan sertifikasi, penataan ulang substansi dan rubrik penilaian portopolio, substansi pelatihan, strategi pembelajaran, dan sistem penilaian PLPG(Pendidikan dan Latihan Profesi Guru). karena itu pedoman pelaksanaan dan pedoman penetapan peserta harus difahami oleh semua pihak yang terkait, baaik di pusat maupun di daerah. unsur di daerah meliputi Dinas Pendidikan Kabupaten, Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan unsur lain yang terkait.
        Kuota peserta sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2011 secara nasional ditetapkan oleh pemerintah sebanyak 300.000 guru, terdiri dari guru PNS dan bukan PNS jenjang pendidikan TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB baik negeri maupun swasta di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan Nasional. Selanjutnya secara proporsional dibagi ke provnsi dan tingkat kabupaten/kota dihitung dan disepakati bersama oleh LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan), Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/kota.
        Salah satu perbedaan besar adalah penyelenggaran dengan model  Porto Polio hanya kurang lebih dari 1% dari proses sertifikasi melalui PLPG.  Untuk Kabupaten Pekalongan tahun ini mendapatkan kuota 833, dari sejumlah itu hanya 8 melalu Porto polio dan sisanya 825 melalui PLPG.( ada surat terbaru pengurangan jumlah 16 menjadi 817= 809+8). Dan penetapan peserta melalui NUPTK On line, karena itu Dinas Pendidikan memiliki tugas untuk terus mengupdate data NUPTKnya.
      Untuk lebih jelasnya baca :
Pedoman Penetapan peserta sertifikasi Guru 2011
Permendiknas no 11/2011 tentang Serifikasi Guru tahun 2011 dapat klik DI SINI
Semoga dengan model semacam ini tujuan Sertifikasi guru dapat lebih terarah dan terukur……

About kkgbekasitimur

member

Posted on July 11, 2011, in Profesionalisme Guru. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: